Dorong Pemulihan Ekonomi Nasional, PP PMKRI Gelar Webinar Nasional Bertajuk Kewirausahaan

Jakarta, Verbivora.com – Dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi nasional, Pengurus Pusat Perhimpuan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PP PMKRI) menggelar webinar nasional bertajuk kewirausahaan, Kamis (14/4/2021).

Webinar ini mengangkat tema: Mendorong Ekonomi Kreatif dan UMKM untuk Pemulihan Ekonomi Nasional.

Hadir sebagai pembicara, Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Viktoria Br. Simanungkalit yang diwakili sekretarisnya, Staf Khusus Presiden Aminudin Ma’ruf, Staf Khusus Kepala BKPM RI Pradana Indraputra, Ketua Bidang UKM/IKM APINDO Ronald Walla, Bidang Organisasi dan Kaderisasi BPP HIPMI Yohanes Agustino Marteriano dan Dirut PT. Indika Energy Tbk, M. Arsjad Rasjid.

Ketua PP PMKRI, Benidiktus Papa dalam sambutan pembukanya mengatakan, webinar ini merupakan rangkaian kegiatan jambore kewirausahaan yang digagas PP PMKRI sebagai wujud komitmen PMKRI dalam menggelorakan semangant pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi Covid-19.

Beni melanjutkan, PMKRI sebagai bagian dari bonus demografi saat ini hingga 2030, maka penting untuk mempersiapkan diri agar menjadi bagian dari kelompok yang produktif ketika masuk dalam era tersebut.

Sekretaris Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM, dalam paparannya menjelaskan tentang peluang UMKM dalam pemulihan ekonomi nasional.

“UMKM adalah motor penggerak pemulihan ekonomi nasional namun kebijakan PSBB mengakibatkan berkurangnya aktifitas masyarakat di luar rumah, tetapi tetap meningkatkan ceruk pasar pada transaksi e-commerce dan transaksi online lainnya yang dapat menjadi peluang untuk UMKM,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan upaya pemerintah dalam mengatasi dampak perekonomian akibat Pandemi Covid-19 yakni dengan memberika stimulus berdasarkan fase hidup UMKM.

Staf Khusus Kepala BKPM RI Pradana Indraputra, dalam paparannya menyampaikan, dari total 64.205.156 juta unit usaha lokal hanya sekitar 4,47 juta yang dimiliki oleh pengusaha muda.

“Untuk itu diharapkan pemuda jangan takut untuk berusaha, apa lagi saat ini BKPM telah memudahkan izin usaha dimana untuk usaha individu, ijin dapat diperoleh dengan mudah dan cepat,” terangnya.

Ketua Bidang UKM/IKM APINDO Ronald Walla, memaparkan tentang Indonesia 4.0 dan mindset wirausaha.

“Mindset kewirausahaan harus berkarakter Indonesia dengan menjaga integritas, tidak mudah menyerah dan tekun, memiliki kemampuan mengambil keputusan secara cepat, mudah berdaptasi dan membangun relasi yang luas serta  memiliki motivasi yang kuat untuk belajar,” paparnya.

Bidang Organisasi dan kaderisasi BPP HIPMI Yohanes Agustino Marteriano, menyampaikan, HIPMI adalah inkubator bagi para pelaku usaha sehingga pemuda termasuk kader PMKRI bisa belajar menjadi pengusaha.

Staf Khusus Presiden Aminudin Ma’ruf menyampaikan, di era digital saat ini, dunia ekonomi khususnya dunia usaha akan sangat bergantung pada digital. Oleh karena itu ada tiga poin yang harus dikuasai yakni networking, collaboration, teamwork.

Untuk diketahui, webinar nasional ini dimoderatori oleh Ketua Lembaga Pengembangan Kewirausahaan PP PMKRI Yohanes Parinding dan diikuti oleh ratusan pemuda dari berbagai kalangan. *(JM)

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *